Workshop Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Hibah DRTPM bagi Dosen UKIM

Workshop Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat oleh Prof. Apriana Toding, ST, M.Eng.Sc, Ph.D

Mengawali tahun 2022, Lembaga Penelitian dan Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat UKIM berkolaborasi menggelar kegiatan “Workshop Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Hibah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi bagi Dosen UKIM”. Workshop ini berlangsung selama dua hari (19-20 Januari 2022) di Aula Kantor Sinode GPM.

Narasumber dan fasilitator tunggal pada workshop ini adalah Prof. Apriana Toding, ST.Eng.Sc, Ph.D, dosen sekaligus Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UKI Paulus Makassar. Menurut Drs. Martin J. Maspaitella, M.Si (Kalemlit UKIM), nama Prof. Toding direkomendasikan langsung oleh LLDIKTI XII Wilayah Maluku dan Maluku Utara.

Rektor UKIM, Dr. Henky H. Hetharia, M.Th., dalam sambutan pembukaannya menyampaikan signifikansi kegiatan ini untuk makin memotivasi para dosen UKIM dalam mengajukan usulan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat agar mendapatkan hibah penelitian yang telah disediakan oleh Kemendikbud RI melalui Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan aspek penting dalam periode kepemimpinannya kali ini untuk mempertahankan posisi UKIM pada klaster madya.

Rektor berharap melalui workshop dua hari ini, para peserta yang adalah dosen UKIM, mampu meningkatkan kemampuan menyusun proposal hingga menerobos hibah Kementerian. Selain itu, UKIM juga menyediakan anggaran penelitian internal bagi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat para dosen.

Sekitar tiga jam Prof. Toding mengulas secara detil substansi pedoman penelitian dan seluruh aspeknya yang perlu dicermati oleh para dosen pengusul. Presentasi Prof. Toding diikuti dengan serius dan antusias oleh para dosen UKIM yang memenuhi aula sinode. Sejumlah pertanyaan yang diajukan oleh peserta memperlihatkan antusiasme tersebut.

“Dengan kolaborasi ini, kami berharap aktivitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dapat dilihat sebagai satu kesatuan yang utuh,” tutur Dr. Josepus Noya (Kepala Lembaga Pengabdian kepada masyarakat UKIM) di sela-sela waktu rehat. Pada hari kedua, kegiatan workshop lebih diarahkan pada Coaching Klinik proposal, upload proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di laman simlitabmas. (SG)

Bagikan:

Berita Terkait