BIMTEK dan Penyusunan Dokumen SPMI Program Pascasarjana UKIM

Program Pascasarjana (Magister dan Doktor) UKIM menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) dan Penyusunan Dokumen Standar Penjaminan Mutu Internal (SPMI) pada Selasa, 20 September 2022. Kegiatan yang berlangsung di Ruang Pertemuan Lantai 2 Hotel Pacific Ambon ini bertujuan untuk merumuskan sejumlah indikator, prasyarat dan standar bagi penyelenggaraan proses pembelajaran oleh dosen dan mahasiswa pascasarjana UKIM sebagaimana diamanatkan oleh peraturan pemerintah Republik Indonesia.

Sebanyak sembilan orang dosen dan tujuh mahasiswa pascasarjana bersama-sama bekerja menyusun setiap lembar standar. Kegiatan ini diawali oleh pemaparan materi oleh Fasilitator Nasional SPMI Dr. Simon P. Soegijono, SE, M.Si., yang juga adalah dosen pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan pada Program Pascasarjana Doktor Teologi Agama dan Kebangsaan UKIM.

Selama kurang-lebih 2 jam, Soegijono memberikan penjelasan mengenai dasar-dasar pemikiran dan regulasi, serta implementasi dokumen SPMI. Setelah itu, peserta dipandu tahap demi tahap untuk mengisi setiap formulir standar mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi, terutama pada program pascasarjana. Setiap peserta diberikan menggarap satu bagian yang telah ditentukan. Setiap bagian itu dirampungkan bersama-sama dan kemudian dipresentasikan untuk ditinjau bersama.

Dalam pernyataan penutup kegiatan setengah hari ini, Direktur Program Pascasarjana UKIM, Rachel Iwamony, Ph.D., menyampaikan apresiasi atas kerja keras setiap peserta sehingga dokumen SPMI Pascasarjana ini dapat dituntaskan. Selanjutnya, Iwamony mengharapkan bahwa dokumen ini benar-benar dapat diimplementasikan dalam tata kelola Program Pascasarjana UKIM sehingga makin meningkatkan mutu layanan akademik yang pada gilirannya akan menghasilkan lulusan pascasarjana yang mumpuni dari UKIM. [SG]

Bagikan:

Berita Terkait