˜Bertumbuh di dalam dan oleh Iman, Pengetahuan dan Kasih˜
(2 Petrus 1 : 5-7)



 

Event

STOPPRESS

Telah dibuka Pendaftaran untuk kuliah semester pendek. pendaftaran dibuka mulai tanggal 5 Januari 2012 sampai dengan 19 Januari 2012. Informasi ...

baca

[[sudah berlangsung]]

 

PPsT AK UKIM dibuka sejak tahun 1997 oleh Perhimpunan Sekolah-Sekolah Teologi di Indonesia (PERSETIA) dalam kerjasamanya dengan Gereja Protestan Maluku dan Universtas Kristen Indonesia Maluku. Sejak tahun 2005, Program ini telah mendapatkan Ijin Penyelenggraaan dari Pemerintah melalui SK Direktur Jenderal Bombingan Masyarakat Kristen Departemen Agama RI, nomor: DJ.III/Kep/HK.00.5/229/2559/2005; dan telah terakreditasi dengan SK nomor: DJ.III/Kep/HK.00.5/249/2579/2005 tentang Pemberian Status Terakreditasi Program Pascasarjana Stratum Dua (S2) Program Studi Teologi UKIM.

VISI

  1. Mengembangkan Teologi Kontekstual dengan fokus pada Agama dan Kebudayaan sebagai usaha pencitraan diri masyarakat dan umat beragama.
  2. Memperkuat kapasitas sumber daya manusia dalam pengembangan dan pembangunan masyarakat, termasuk umat beragama di Maluku secara profesional dan beretika.
  3. Menumbuhkembangkan kesadaran pluralisme di kalangan masyarakat dan membangun kesadaran hidup antarumat beragama dalam menghadapi tantangan multidimensional di masyarakat.

 
MISI

  1. Melakukan Penelitian dan pengembangan bidang Teologi Kontekstual terhadap relasi agama dan kebudayaan dalam sebuah gerak perubahan sejarah dan sosial masyarakat yang progresif.
  2. Meningkatan keunggulan kapasitas intelektual (keilmuan) dan spiritualitas potensi sumber daya manusia untuk pembangunan masyarakat secara umum dan umat beragama secara khusus.
  3. Memajukan kerjasama lintas agama sebagai implementasi kesadaran pluralisme di Maluku dan Indonesia.



SASARAN
PPsT AK UKIM dalam seluruh dinamika studi sebagaimana terimplementasi dalam kurikulumnya didasarkan pada usaha membentuk kapabilitas keilmuan interdisipliner. Teologi dalam arti itu dipahami sebagai refleksi kesadaran faktual masyarakat dari pengalaman hidup seseharinya, di dalam corpus sosial dan budaya masyarakat itu sendiri. Bahwa Teologi adalah suatu bidang keilmuan yang selalu dapat dan harus digali dari konteks bermasyarakat. Konteks yang terus menerus berubah. Karena itu studi ilmu Teologi tidak pernah konstan dan baku. Ia berkembang seirama dengan perkembangan masyarakat itu sendiri.


TUJUAN
Tujuan PPsT Agama dan Kebudayaan UKIM adalah : “Menghasilkan para Teolog, praktisi bidang keagamaan yang mampu berteologi dalam konteks masyarakat majemuk serta mampu mengembangkan dan mengejawantahkan wawasan sosial dan teologi kontekstual dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.” Kurikulum ini juga memberi peluang bukan hanya bagi para lulusan S1 Teologi dan PAK tetapi juga bagi lulusan dari berbagai jurusan umum lainnya baik yang beragama Kristen maupun Muslim, dalam upaya mengembangkan kesadaran pluralisme dewasa ini.

AKTIVITAS PROGRAM
SISTEM AKADEMIK

Mahasiswa melakukan kegiatan Akademik berupa kuliah tatap muka di kelas, kegiatan terstruktur yang difasilitasi oleh dosen, maupun kegiatan belajar mandiri. Mahasiswa juga dilibatkan dalam berbagai kegiatan non-akademik terutama pelayanan kepada jemaat/masyarakat sesuai kebutuhan maupun keterlibatan dalam berbagai forum ilmiah secara lokal maupun nasional (Seminar, Lokakarya, Diskusi, dll). Setiap mata kuliah diampuh oleh satu atau lebih dari dosen (tim) yang memiliki kompetensi ilmu dalam bidangnya. Jumlah tatap muka untuk setiap mata kuliah minimal 12-14 kali. Kaidah dan norma penilaian tersistem secara kualitatif dengan nilai terendah yang dicapai harus B. Dosen pengampuh mata kuliah menyusun GBPP, dan silabi.

WAKTU STUDI
Program Pascasarjana Teologi Agama dan Kebudayaan UKIM menggunakan Sistem Tri-Mester, dimana mahasiswa menyelesaikan studinya selama 1 setengah tahun sampai 2 tahun (38-44 SKS) dengan perincian : Matrikulasi (Pra-Kuliah) 4 mata kulaih, Kurikulum inti 7 mata kuliah (25 SKS), Kurikulum Institusional 8 mata kuliah (15 SKS), dan Kuliah Alih Tahun 2 mata kuliah (4 SKS). Tr-Mester pertama(Bulan September-Desember), Tri-Mester II (Bulan Januari-pertengahan April)dan Tri-mester III(pertengahan April-pertengahan Juli) dialokasikan untuk perkuliahan di dalam kelas, kemudian pada peralihan tahun pertamu dan tahun kedua dialokasikan untuk Kuliah Alih Tahun PERSETIA(bulan akhir Juli-Agustus) yang dilaksanakan setiap tahun secara bersama-sama di setiap PPsT dengan melibatkan Dosen tamu dari Luar Negeri. Tri-Mester IV-V (September-April tahun kedua)dialokasikan untuk Penelitian, Seminar dan Ujian Tesis. Masa perpanjangan studi adalah setengah tahun, sehingga total masa studi efektif menjadi 2 (dua) tahun.

SISTEM EVALUASI
Program Pascasarjana Teologi Agama dan Kebudayaan melakukan evaluasi pembelajaran melalui Ujian Tengah Tri-Mester dan Ujian Akhir Tri-Mester. Disamping itu, dilakukan penilaian Mahasiswa terhadap pembelajaran Dosen, maupun layanan pengelola melalui Quesioner yang diberikan pada setiap akhir semester. Hasil evaluasi tersebut dijadikan bahan pertimbangan Dosen dan Pengelola dalam membenahi proses pembelajaran maupun layanan kepada mahasiswa di Tri-mester berikutnya.


KOMPETENSI KELULUSAN

Program Pascasarjana Teologi Agama dan Kebudayaan UKIM dalam rencana pendidikannya berusaha membentuk Mahasiswa sehingga memiliki kompetensi :
Kapasitas analisis, refleksi dan aksi yang transformatif
Kapasitas intelektual, moral, etika dan spiritual
Kapasitas kepemimpinan dan manajerial


POTRET LULUSAN
Sejak diselenggarakan pada tahun 1997 hingga tahun akademik 2007, PPsT Agama dan Kebudayaan UKIM telah menghasilkan 37 orang tamatan bergelar Master of Sciense (M.Si). Tamatan pertama dihasilkan pada tahun 2000, dan setiap tahunnya selalu ada tamatan Magister yang dihasilkan. Bagi mahasiswa yang membutuhkan Ijazah Negara, difasilitasi melalui dua jalur: pertama, Ujian Negara yang diselenggarakan oleh Departemen Agama RI setiap tahun sebanyak 2 kali; kedua, melalui kerjasama dengan PPs MSA UKSW dimana mahasiswa yang berminat dapat melanjutkan studinya ke PPs MSA UKSW.

DOSEN DAN TENAGA PENDUKUNG
PPsT Agama dan Kebudayaan UKIM memiliki 9 orang Dosen tetap dengan derajat kulaifikasi S3 (Doktor) 8 orang dan S2 (Magister) 1 orang. Di samping itu ada 8 Dosen tidak tetap (dari luar program studi) dengan kulaifikasi: Guru Besar (Profesor) 3 orang, S3 (Doktor) 3 orang dan S2 (Magister) 2 orang.

 

23 Agustus 2011

 
 

arowFakultas Teologi

arowFakultas Teknik

arowFakultas Ekonomi

arowFakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik

arowProgram Pasca Sarjana Teologi

 
 
galnote